Saturday, March 23, 2013

Hati - Hati dengan Asumsi !!!



Pada sebuah Seminar seorang Motivator mendapat pertanyaan dari  peserta, "Pak, saya ini sudah berusaha berbisnis selama 7 tahun, tapi saya tidak bisa sukses-sukses. Apa saya ini bukan tipe pebisnis ya ? Mungkin saya tidak usah berbisnis lagi, toh saya tidak mungkin sukses."

Ada juga yang bilang, "Pak , saya sudah mencoba 2 kali berbisnis, tapi dua-duanya gagal. Mungkin saya tidak cocok berbisnis."
Kita tidak tahu apakah hal tersebut  betul tidak cocok. Atau betul tidak bisa jadi 'entrepreneur'. Tapi ada sebuah satire yang menarik. Pernah Ada orang bilang, "Saya sudah hidup selama 65 tahun. Saya tidak pernah mengalami mati. Jadi saya tidak mungkin mati, karena selama 65 tahun tidak pernah mati, maka sebenarnya selamanya saya tidak akan mati."

Tentu saja ini hanyalah lelucon. Tapi Kita bisa memahami cara berpikirnya yang salah. Karena semua orang toh akan mati juga. Selama 65 tahun Kita tidak pernah mati tidak berarti Kita tidak bisa mati. Tidak pernah mati bukan berarti tidak bisa mati. Karena belum waktunya mati saja. Mungkin bisa saja pada saat usia 75 tahun, atau 80 tahun atau lainnya.

Begitupun dalam berusaha  atau berbisnis. Kalau kita telah gagal 7 tahun, mungkin pada tahun ke-8 kita bisa sukses, mungkin juga tidak. Kita tidak tahu.

Berhati-hatilah kalau Kita membuat asumsi. Misal Kita berasumsi, 'saya ini baru mencoba usaha dan ternyata gagal, maka saya ini bukan tipe pebisnis.' Hati-hati dengan asumsi ini, mungkin Kita sebenarnya tipe pebisnis, hanya kebetulan saat berusaha itu Kita gagal. Tapi pada kesempatan lain mungkin saja Kita berhasil.

Kalau Kita - misal jadi salesman - sudah 2 tahun belum mencapai sales target, Kita mungkin salah dalam cara menjual. Kita harus belajar menjual lebih baik lagi.
Demikian juga dalam berbisnis/berusaha. Mungkin belum waktunya Anda berbisnis dengan sukses. Mungkin belum waktunya Kita jadi pebisnis handal. Karenanya Kita harus berusaha lebih baik, berusaha lebih keras lagi.

No comments:

Post a Comment