Thursday, April 11, 2013

5 Langkah Networking

Bagi Kita yang menjalani bisnis MLM, Networking / menambah Kenalan adalah sesuatu yg harus hal baik yg harus dilakukan,

Kita sering menemui orang yang mencoba selalu menambah networknya. Yakni dengan cara bersahabat dengan orang baru, membuat koneksi baru atau mencari network-network baru. Dengan ini dia dapat memperluas networknya. Kita tahu hal ini sangat baik. Namun seharusnya lebih memperhatikan aturan-aturan dasar dalam networking.

Yang pertama, kenalilah network anda. Ketika baru kenal seseorang, cobalah untuk benar-benar mengenalinya. Misal: apa sebenarnya bisnisnya, apa kesenangannya, kepribadiannya seperti apa dan sebagainya. Caranya dengan lebih melihat dan mengamati secara seksama.

Yang kedua, coba dilihat apa yang sebetulnya dia inginkan dari anda kalau dia bersahabat dengan anda. Kalau memang itu ada pada anda, silakan beri apa yang dia inginkan.

Yang ketiga, coba cek kesamaannya dengan anda. Bila dia suka masak, anda hobi masak juga atau sama-sama menyukai membaca buku. Nah dari sini, dapatlah berbincang seru dengan dia. Perbincangan ini menjadi menarik dan dia menjadi lebih cocok dengan anda.

Yang keempat, 'keep contact'. Selalu anda jaga hubungan itu. Tentu anda harus menghargai waktunya. Jangan menghabiskan waktunya berjam-jam tanpa sesuatu yang membawa hasil. Anda harus tahu tidak setiap orang menyediakan waktu untuk berbicara dengan anda. Jadi anda harus dapat memberikan sesuatu kepada orang itu, tidak harus berupa material, bisa saja berupa informasi ataupun pengertian ataupun nasihat,

Dan yang kelima, anda juga harus bisa menginformasikan sebetulnya apa yang anda inginkan dalam hubungan anda dengan dia. Asalkan itu sesuatu yang wajar, Kita yakin network anda kalau dia mampu, akan mau memberikan apa yang anda inginkan. Entah itu informasi, referal atau apapun. Di mana dia juga mendapat value yang sama besarnya atau bahkan lebih besar lagi dari persahabatan dengan anda.

Kita memang bukan bersahabat untuk selalu berbisnis. Tetapi sering bahwa kalau kita bisa saling mengisi akan saling menguntungkan. Bila demikian maka hubungan itu akan menjadi lebih baik, lebih membawa kesuksesan kepada kedua belah pihak. 
 
 

No comments:

Post a Comment