Wednesday, February 27, 2013

Sudut Pandang......



Beberapa tahun silam, dikota Monza, Italy, ada larangan memelihara ikan mas didalam kaca bulat. Alasannya adalah karena ini dianggap sebuah kekejaman: sang ikan akan memandang dunia luar dengan padangan yang salah, karena semua akan nampak lebih besar dari realitas.

Dijaman dulu, pada tahun 150 (hampir 2000 tahun silam), semua orang percaya pemahaman The Ptolemaic Universe, bumi adalah pusat alam semesta, dan matahari rembulan mengelilingi bumi ini. Pemahaman ini dianut sampai tahun 1543, ketika Copernicus menerbitkan teori bahwa mataharilah yang diam dan bumi serta yang lain mengelilinginya.

Galileo juga mendukung ajaran Copernicus yang menyebutkan bumi itu mengitari matahari

Mundur kebelakang lagi, kita akan dihadapkan pada mitos kaum Viking, yang menganggap gerhana itu adalah karena serigala sakti menelan matahari atau rembulan. Sehingga orang2 Viking akan menabuh genderang dan membuat suara suara bising lainnya, supaya serigala mau segera melepas sang matahari. Sebuah versi lain Hanoman. 

Semua Tentang Sudut Pandang....

Sudut pandang kita akan kehidupan dibentuk oleh pemikiran kita akan dunia luar, sebuah "worldview" yang terbentuk oleh keadaan, pembelajaran, dan lingkungan. Memahami ini, sebenarnya kita dapat "membentuk" sudut pandang yang lebih "menguntungkan" untuk diri kita sendiri.

Kalau kita menganggap sekolah itu tidak berguna, maka tidak mungkin kita mau kuliah terus

Kalau kita beranggapan bahwa "Kerja itu ibadah", maka kita akan lebih rela dan mau untuk melakukannya dengan sebaik baiknya.
kalau kita yakin bahwa kita akan lebih sukses kalau selalu mau belajar dan memperbaiki diri, kita akan rela dan mau belajar terus, 
sehingga sukses akan lebih mungkin dicapai. Marilah memanfaatkan pemahaman ini untuk kemajuan dan kesuksesan kita sendiri.

 

No comments:

Post a Comment